" Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda beat di kabupaten sintang".
A. Latar
Belakang Penelitian
Pertumbuhan industri
otomotif saat ini untuk kategori kendaraan bermotor semakin maju dari tahun ke
tahunnya, hal ini ditandai dengan terus bertambahnya jumlah kendaraan yang dimiliki
oleh masyarakat dan tersebarnya dealer-dealer sepeda motor di daerah-daerah
ibukota, provinsi dan kabupaten. Kendaraan bermotor merupakan kendaraan yang
harganya terjangkau atau sesuai dengan kemampuan rata-rata masyarakat
Indonesia. Kendaraan bermotor membantu mereka melakukan segala aktifitas sepeti
kerja, perdagangan maupun sebagai kendaraan untuk melakukan kepergiaan ke suatu
tempat tertentu.
Pertumbuhan konsumen sepeda motor meningkat luar biasa.
Di tengah-tengah persaingan yang begitu tajam akibat banyaknya merek pendatang
baru, sepeda motor honda yang sudah lama berada di Indonesia dengan segala
keunggulannya tetap mendominasi pasar dan sekaligus memenuhi kebutuhan yang
tangguh, irit dan ekonomis. Menjawab tantangan tersebut, organisasi yang berada
di balik kesuksesan sepeda motor Honda di Indonesia terus memperkuat diri.
Keunggulan tekhnologi motor Honda diakui diseluruh
dunia dan telah dibuktikan dalam berbagai kesempatan, baik di jalan raya maupun
lintasan balap. Honda mampu mengembangkan
tekhnologi yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan yaitu mesin “Bandel”
dan irit bahan bakar sehingga menjadikannya sebagai pelopor kendaraan roda dua
yang ekonomis.
Untuk
memperkuat market share di pasar motor matic, pada tahun 2009, PT. Astra
Honda Motor meluncurkan produk matic yaitu Honda Beat yang sebelumnya sudah
keluar Honda Vario. Dengan inovasi dan tekhnologi
yang telah diperbaharui untuk produk motor ini, pihak Honda antusias untuk
meluncurkan produk yang diperkirakan akan laris dalam pasar penjualan sepeda
motor matic. Dengan mengandalkan slogannya “Motor Matic Gaul dan Irit“ Honda Beat diharapkan mampu
memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga tanpa melupakan unsur ekonomis
(hemat bbm dan perawatan) yang sudah menjadi positioning sepeda motor Honda.
Walaupun bukan motor khusus wanita pertama di Indonesia dan juga bukan cuma
mencoba membidik motor khusus untuk gender wanita tetapi, juga dapat membuat
banyak lelaki jatuh cinta pada motor ini. Honda Beat mampu menyaingi produk
sepeda motor saingannya, Honda Beat mempunyai desain dan body yang lebih
ramping serta disertai sistem brake lock berfungsi sebagai rem tangan, side
stand switch yang fungsinya agar mesin tidak dapat dinyalakan saat standar
samping dalam posisi turun, dan kapasitas mesin lebih ringan membuat sepeda
motor ini lebih irit bahan bakar dibanding sepeda motor matic lainnya yang
sudah dikenal sangat boros.
Perusahaan
sepeda motor berlomba-lomba menciptakan inovasi-inovasi baru, model dan desain
terus diuji cobakan dan dikembangkan sesuai selera konsumen. Promosi
besar-besaran dilakukan diberbagai media, baik media cetak maupun media
elektronik. Ini menunjukan bahwa permintaan pasar sepeda motor sangat tinggi.
Tingginya permintaan tersebut tidak hanya disebabkan oleh faktor kebutuhan
semata, namun disebabkan oleh faktor lainnya. Faktor-faktor tersebut seperti
faktor marketing mix dari perusahaan
yang menyediakan kebutuhan akan sepeda motor. Marketing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan tempat.
Sehingga
konsumen tertarik akan sepeda motor matic honda beat ini.
Berdasarkan
hal tersebut, maka analisis mengenai keputusan pembelian sangat penting
dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang memasarkan produk sepeda motor. Hal
tersebut perlu dilakukan agar perusahaan dapat selalu meningkatkan volume
penjualan yaitu melalui analisa faktor atau atribut apa saja yang menjadi
pertimbangan konsumen dalam membeli sepeda motor. Karena sesungguhnya
masing-masing konsumen tentu memiliki motif yang berbeda dalam melakukan
pembelian sepeda motor. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada data penjualan
yang tertera pada
tabel 1.1 sebagai berikut ini :
Tabel 1.1
Realiasi Penjualan
Sepeda Motor Honda PT. Astra Honda Motor Sintang Jalan
Raya Sintang-Pontianak
Tahun
2009
|
||||||||||||||||||||||
Type
|
||||||||||||||||||||||
Beat
|
Vario
|
Supra
|
Revo
|
CS 1
|
Blade
|
Megapro
|
Tiger
|
|||||||||||||||
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
|||||||
299
|
13
|
146
|
7
|
595
|
27
|
536
|
24
|
123
|
6
|
182
|
8
|
173
|
8
|
148
|
7
|
|||||||
Total
|
2.202
|
|||||||||||||||||||||
%
|
28
|
|||||||||||||||||||||
Tahun
2010
|
||||||||||||||||||||||
Type
|
||||||||||||||||||||||
Beat
|
Vario
|
Supra
|
Revo
|
CS 1
|
Blade
|
Megapro
|
Tiger
|
|||||||||||||||
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
|||||||
304
|
17
|
187
|
11
|
160
|
9
|
457
|
26
|
87
|
5
|
201
|
12
|
167
|
10
|
178
|
10
|
|||||||
Total
|
1.741
|
|||||||||||||||||||||
%
|
22
|
|||||||||||||||||||||
Tahun
2011
|
||||||||||||||||||||||
Type
|
||||||||||||||||||||||
Beat
|
Vario
|
Supra
|
Revo
|
CS 1
|
Blade
|
Megapro
|
Tiger
|
|||||||||||||||
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
|||||||
455
|
20
|
241
|
11
|
330
|
14
|
502
|
22
|
66
|
3
|
287
|
13
|
174
|
8
|
206
|
9
|
|||||||
Total
|
2.261
|
|||||||||||||||||||||
%
|
29
|
|||||||||||||||||||||
Tahun
2012
|
||||||||||||||||||||||
Type
|
||||||||||||||||||||||
Beat
|
Vario
|
Supra
|
Revo
|
CS 1
|
Blade
|
Megapro
|
Tiger
|
|||||||||||||||
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
|||||||
597
|
36
|
156
|
10
|
235
|
14
|
342
|
21
|
34
|
2
|
98
|
6
|
78
|
5
|
97
|
6
|
|||||||
Total
|
1.637
|
|||||||||||||||||||||
%
|
21
|
|||||||||||||||||||||
Sumber : PT. Astra Honda Motor Sintang.
Berdasarkan
data penjualan pada tabel 1.1 diatas, posisi penjualan sepeda motor matic honda beat mengalami
peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini terlihat jelas pada data penjualan
diatas, dimana penjualan sepeda motor matic honda beat pada tahun 2009 sebesar
299 unit dan naik pada tahun 2010 dengan penjualan sebesar 304 unit atau naik
sebesar 4% dari penjualan sebelumnya yaitu 13 % pada tahun 2009 menjadi 17%
pada tahun 2010. Penjualan sepeda motor matic honda beat terus naik pada tahun
2011 dan 2012, dimana pada tahun 2011 penjualan sebesar 455 unit atau 20% naik
3% dari penjualan tahun 2010. Pada tahun 2012, penjualan terus naik dengan
jumlah penjualan sepeda motor honda beat sebesar 597 unit atau 36% naik 16%
dari penjualan tahun 2011. Meskipun penjualan secara
global mengalami penurunan dan peningkatan penjualan. Yaitu pada tahun 2009 sebesar 2.202 unit turun menjadi 1.741 unit atau turun 6% pada
tahun 2010. dan mengalami peningkatan kembali pada tahun 2011 sebesar 7% dengan penjualan
sebesar 2.261 unit. Kemudian terjadi penurunan penjualan kembali pada
tahun 2012 sebesar 1.637 unit atau turun 8%. Hal ini tidak mempengaruhi penjualan
sepeda motor matic honda beat yang selalu naik pada setiap tahunnya.
Penurunan penjualan sepeda motor honda dealer PT.Astra Honda Motor
di Kabupaten Sintang, salah satunya disebabkan karena munculnya
pesaing-pesaing dalam pangsa pasar yang sama. Menyikapi hal tersebut, mengingat
kondisi persaingan yang semakin ketat dan tidak ada habisnya dalam upaya
perusahaan mencari laba sebanyak mungkin, maka perusahaan harus mampu mengatasi
faktor-faktor yang mempengaruhinya dan akhirnya mampu meningkatkan penjualan. Berikut ini adalah volume kendaraan roda dua
yang ada di Kabupaten Sintang :
Tabel 1.2
Volume Kendaraan Bermotor Berdasarkan Motor
Baru
di
Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat
Bulan
|
Tahun
|
|||||
2010
|
2011
|
2012
|
||||
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
Unit
|
%
|
|
Januari
|
922
|
6
|
1.554
|
7
|
1.338
|
8
|
Februari
|
765
|
5
|
1.491
|
6
|
1.779
|
10
|
Maret
|
990
|
7
|
2.004
|
8
|
1.920
|
11
|
April
|
989
|
7
|
1.927
|
8
|
1.721
|
10
|
Mei
|
1.289
|
9
|
1.461
|
6
|
1.937
|
11
|
Juni
|
1.207
|
8
|
2.113
|
9
|
1.295
|
7
|
Juli
|
1.154
|
8
|
2.599
|
11
|
1.621
|
9
|
Agustus
|
995
|
7
|
2.302
|
10
|
1.517
|
9
|
September
|
1.403
|
10
|
2.354
|
10
|
1.091
|
6
|
Oktober
|
1.368
|
10
|
2.371
|
10
|
1.190
|
7
|
November
|
1.444
|
10
|
1.756
|
7
|
999
|
6
|
Desember
|
1.787
|
13
|
1.785
|
8
|
966
|
6
|
Jumlah
|
14.313
|
100
|
23.717
|
100
|
17.374
|
100
|
Sumber : Satlantas Polres Sintang
Jumlah
pengguna kendaraan roda dua berdasarkan kendaraan baru di Kabupaten Sintang
mengalami peningkatan dan penurunan pada setiap tahunnya. Pada tahun 2010
jumlah kendaraan di kabupaten sintang sebesar 14.313 unit atau pengguna sepeda
motor. Jumlah pengguna sepeda motor berdasarkan motor baru tersebut terus
bertambah pada tahun 2011 yaitu sebesar 23.717/unit atau pengguna kendaraan
roda dua. Namun pada tahun 2012, pengguna kendaraan roda dua mengalami
penurunan, dengan jumlah pengguna sebesar 17.374. Kenaikan dan penurunan
tersebut salah satunya di sebabkan dari tingkat pendapatan masyarakat.
Dalam penelitian ini akan memfokuskan
pada elemen-elemen bauran pemasaran
atau disebut 4P, yaitu produk (product), harga (price), saluran distribusi
(place) dan promosi (promotion), Berdasarkan
uraian diatas maka dilakukanlah suatu penelitian dengan judul “PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR
MATIC HONDA BEAT DI KABUPATEN SINTANG”.
Lihat Selengkapnya" Lengkap" Disini!!!
Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
BalasHapusJika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)
Anda Kebingungan Dan Kesulitan Menyelesaikan Skripsi, Tesis, Disertasi
BalasHapusKarena Pusing Mikirin Olah Data Analisis Statistika Dengan SPSS, AMOS
LISREL, EVIEWS, SMARTPLS, DEA
Serahkan Dan Percaya Kepada Kami.
Kami Siap Bantu Anda.
Olah Data Semarang (Timbul Widodo)
WA : +62 852-2774-6673
IG : olahdatasemarang