Selamat Datang!!!!!! Di Blognya Cah Telaga

Skripsi Ku

" Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda beat di kabupaten sintang". 
A.      Latar Belakang Penelitian
Pertumbuhan industri otomotif saat ini untuk kategori kendaraan bermotor semakin maju dari tahun ke tahunnya, hal ini ditandai dengan terus  bertambahnya jumlah kendaraan yang dimiliki oleh masyarakat dan tersebarnya dealer-dealer sepeda motor di daerah-daerah ibukota, provinsi dan kabupaten. Kendaraan bermotor merupakan kendaraan yang harganya terjangkau atau sesuai dengan kemampuan rata-rata masyarakat Indonesia. Kendaraan bermotor membantu mereka melakukan segala aktifitas sepeti kerja, perdagangan maupun sebagai kendaraan untuk melakukan kepergiaan ke suatu tempat tertentu.
Pertumbuhan konsumen sepeda motor meningkat  luar biasa. Di tengah-tengah persaingan yang begitu tajam akibat banyaknya merek pendatang baru, sepeda motor honda yang sudah lama berada di Indonesia dengan segala keunggulannya tetap mendominasi pasar dan sekaligus memenuhi kebutuhan yang tangguh, irit dan ekonomis. Menjawab tantangan tersebut, organisasi yang berada di balik kesuksesan sepeda motor Honda di Indonesia terus memperkuat diri.
Keunggulan tekhnologi motor Honda diakui diseluruh dunia dan telah dibuktikan dalam berbagai kesempatan, baik di jalan raya maupun lintasan balap. Honda mampu mengembangkan  tekhnologi yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan yaitu mesin “Bandel” dan irit bahan bakar sehingga menjadikannya sebagai pelopor kendaraan roda dua yang ekonomis.
Untuk memperkuat market share di pasar motor matic, pada tahun 2009, PT. Astra Honda Motor meluncurkan produk matic yaitu Honda Beat yang sebelumnya sudah keluar  Honda Vario. Dengan inovasi dan tekhnologi yang telah diperbaharui untuk produk motor ini, pihak Honda antusias untuk meluncurkan produk yang diperkirakan akan laris dalam pasar penjualan sepeda motor matic. Dengan mengandalkan slogannya “Motor Matic Gaul dan Irit“ Honda Beat diharapkan mampu memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga tanpa melupakan unsur ekonomis (hemat bbm dan perawatan) yang sudah menjadi positioning sepeda motor Honda. Walaupun bukan motor khusus wanita pertama di Indonesia dan juga bukan cuma mencoba membidik motor khusus untuk gender wanita tetapi, juga dapat membuat banyak lelaki jatuh cinta pada motor ini. Honda Beat mampu menyaingi produk sepeda motor saingannya, Honda Beat mempunyai desain dan body yang lebih ramping serta disertai sistem brake lock berfungsi sebagai rem tangan, side stand switch yang fungsinya agar mesin tidak dapat dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun, dan kapasitas mesin lebih ringan membuat sepeda motor ini lebih irit bahan bakar dibanding sepeda motor matic lainnya yang sudah dikenal sangat boros.
Perusahaan sepeda motor berlomba-lomba menciptakan inovasi-inovasi baru, model dan desain terus diuji cobakan dan dikembangkan sesuai selera konsumen. Promosi besar-besaran dilakukan diberbagai media, baik media cetak maupun media elektronik. Ini menunjukan bahwa permintaan pasar sepeda motor sangat tinggi. Tingginya permintaan tersebut tidak hanya disebabkan oleh faktor kebutuhan semata, namun disebabkan oleh faktor lainnya. Faktor-faktor tersebut seperti faktor marketing mix dari perusahaan yang menyediakan kebutuhan akan sepeda motor. Marketing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan  tempat. Sehingga konsumen tertarik akan sepeda motor matic honda beat ini.
Berdasarkan hal tersebut, maka analisis mengenai keputusan pembelian sangat penting dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang memasarkan produk sepeda motor. Hal tersebut perlu dilakukan agar perusahaan dapat selalu meningkatkan volume penjualan yaitu melalui analisa faktor atau atribut apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli sepeda motor. Karena sesungguhnya masing-masing konsumen tentu memiliki motif yang berbeda dalam melakukan pembelian sepeda motor. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada data penjualan yang tertera pada tabel 1.1 sebagai berikut ini :







Tabel 1.1  
Realiasi Penjualan Sepeda Motor Honda PT. Astra Honda Motor Sintang Jalan Raya Sintang-Pontianak
Tahun 2009
Type
Beat
Vario
Supra
Revo
CS 1
Blade
Megapro
Tiger
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
299
13
146
7
595
27
536
24
123
6
182
8
173
8
148
7
Total
2.202
%
28
Tahun 2010
Type
Beat
Vario
Supra
Revo
CS 1
Blade
Megapro
Tiger
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
304
17
187
11
160
9
457
26
87
5
201
12
167
10
178
10
Total
1.741
%
22
Tahun 2011
Type
Beat
Vario
Supra
Revo
CS 1
Blade
Megapro
Tiger
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
455
20
241
11
330
14
502
22
66
3
287
13
174
8
206
9
Total
2.261
%
29
Tahun 2012
Type
Beat
Vario
Supra
Revo
CS 1
Blade
Megapro
Tiger
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Unit
%
597
36
156
10
235
14
342
21
34
2
98
6
78
5
97
6
Total
1.637
%
21

Sumber : PT. Astra Honda Motor Sintang.


Berdasarkan data penjualan pada tabel 1.1 diatas, posisi penjualan sepeda motor matic honda beat mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini terlihat jelas pada data penjualan diatas, dimana penjualan sepeda motor matic honda beat pada tahun 2009 sebesar 299 unit dan naik pada tahun 2010 dengan penjualan sebesar 304 unit atau naik sebesar 4% dari penjualan sebelumnya yaitu 13 % pada tahun 2009 menjadi 17% pada tahun 2010. Penjualan sepeda motor matic honda beat terus naik pada tahun 2011 dan 2012, dimana pada tahun 2011 penjualan sebesar 455 unit atau 20% naik 3% dari penjualan tahun 2010. Pada tahun 2012, penjualan terus naik dengan jumlah penjualan sepeda motor honda beat sebesar 597 unit atau 36% naik 16% dari penjualan tahun 2011. Meskipun  penjualan secara global mengalami penurunan dan peningkatan  penjualan. Yaitu pada tahun 2009 sebesar 2.202 unit turun menjadi 1.741 unit atau turun 6% pada tahun 2010. dan mengalami peningkatan kembali pada tahun 2011 sebesar 7% dengan penjualan sebesar 2.261 unit. Kemudian terjadi penurunan penjualan kembali pada tahun 2012 sebesar 1.637 unit atau turun 8%. Hal ini tidak mempengaruhi penjualan sepeda motor matic honda beat yang selalu naik pada setiap tahunnya.
Penurunan penjualan sepeda motor honda dealer PT.Astra Honda Motor di Kabupaten Sintang, salah satunya disebabkan karena munculnya pesaing-pesaing dalam pangsa pasar yang sama. Menyikapi hal tersebut, mengingat kondisi persaingan yang semakin ketat dan tidak ada habisnya dalam upaya perusahaan mencari laba sebanyak mungkin, maka perusahaan harus mampu mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhinya dan akhirnya mampu meningkatkan penjualan. Berikut ini adalah volume kendaraan roda dua yang ada di Kabupaten Sintang :
Tabel 1.2
Volume Kendaraan Bermotor Berdasarkan Motor Baru
di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat

Bulan
Tahun 
2010
2011
2012
Unit
%
Unit
%
Unit
%
Januari
922
6
1.554
7
1.338
8
Februari
765
5
1.491
6
1.779
10
Maret
990
7
2.004
8
1.920
11
April
989
7
1.927
8
1.721
10
Mei
1.289
9
1.461
6
1.937
11
Juni
1.207
8
2.113
9
1.295
7
Juli
1.154
8
2.599
11
1.621
9
Agustus
995
7
2.302
10
1.517
9
September
1.403
10
2.354
10
1.091
6
Oktober
1.368
10
2.371
10
1.190
7
November
1.444
10
1.756
7
999
6
Desember
1.787
13
1.785
8
966
6
Jumlah
14.313
100
23.717
100
17.374
100
Sumber : Satlantas Polres Sintang

Jumlah pengguna kendaraan roda dua berdasarkan kendaraan baru di Kabupaten Sintang mengalami peningkatan dan penurunan pada setiap tahunnya. Pada tahun 2010 jumlah kendaraan di kabupaten sintang sebesar 14.313 unit atau pengguna sepeda motor. Jumlah pengguna sepeda motor berdasarkan motor baru tersebut terus bertambah pada tahun 2011 yaitu sebesar 23.717/unit atau pengguna kendaraan roda dua. Namun pada tahun 2012, pengguna kendaraan roda dua mengalami penurunan, dengan jumlah pengguna sebesar 17.374. Kenaikan dan penurunan tersebut salah satunya di sebabkan dari tingkat pendapatan masyarakat.
Dalam penelitian ini akan memfokuskan pada elemen-elemen bauran pemasaran atau disebut 4P, yaitu produk (product), harga (price),  saluran distribusi (place) dan promosi (promotion),   Berdasarkan uraian diatas maka dilakukanlah suatu penelitian dengan judulPENGARUH BAURAN PEMASARAN  TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MATIC HONDA BEAT DI KABUPATEN SINTANG”. 
Lihat Selengkapnya" Lengkap" Disini!!!

2 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. Anda Kebingungan Dan Kesulitan Menyelesaikan Skripsi, Tesis, Disertasi
    Karena Pusing Mikirin Olah Data Analisis Statistika Dengan SPSS, AMOS
    LISREL, EVIEWS, SMARTPLS, DEA
    Serahkan Dan Percaya Kepada Kami.
    Kami Siap Bantu Anda.
    Olah Data Semarang (Timbul Widodo)
    WA : +62 852-2774-6673
    IG : olahdatasemarang

    BalasHapus